Transportasi Darat di Danau Toba



Parapat

Parapat, salah satu kota indah yang berada tepat di tepi Danau Toba. Kota sejuk dengan sejuta pesona keindahan alamnya. Salah satu daya tarik wisatawan untuk datang mengunjungi Indonesia. Kota Parapat terletak sejauh 176 Km dari Kota Medan, memakan waktu 3-4 Jam perjalanan darat dengan kecepatan rata-rata 60-80km/jam. Atau dapat lebih cepat lagi jika menggunakan transportasi udara (mendarat di Bandara Sibisa) yang hanya memakan waktu 25-30 menit.

Banyak pilihan sarana transportasi darat dari Kota Medan menuju Parapat. Dengan merogoh kocek sebesar Rp.25.000 dari Medan kita dapat menikmati keindahan Parapat dan sejuta pesona Danau Toba. Beberapa angkutan yang memiliki rute menuju parapat antara lain: MRT, KBT, Intra, Sejahtera, Karya Agung, dll. Semua pengangkutan yang kusebutkan tadi dapat kita jumpai di sepanjang Jl. Sisingamangaraja ataupun di terminal Amplas Medan. Namun perlu juga kita ketahui ongkos perjalanan dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan situasi (seperti pepatah ekonomi: semakin banyak permintaan maka harga semakin tinggi) tapi pastinya tidak akan jauh melampaui harga aslinya. Jika anda mujur bisa jadi dapat bus executive dengan AC didalamnya, namun tetap harga normal.

Menuju Parapat anda akan melewati rute, Tanjung MorawaLubuk PakamPasar Bengkel (jangan lupa singgah untuk beli makanan selama perjalanan, atau menikmati kopi, teh manis, dan makanan ringan gratis yang disediakan) – Tebing TinggiSiantar (kalau anda lapar singgah disini untuk menikmati mie pangsit di simpang dua atau membeli roti Ganda yang terkenal disini) – Parapat.

Gambar: Bus Intra adalah salah satu Angkutan Darat dari Medan Menuju Prapat

Pulau Samosir

Pulau Samosir adalah Pulau yang terletak ditengah-tengah Danau Toba. Pulau Samosir itu sendiri dikelilingi oleh pegunungan, kemana pun mata kita memandang kita akan selalu menemukan pegunungan. Tak heran udara di sana pun sangat dingin. Mengingat Pulau Samosir terletak di dataran tinggi sekitar 700 ” 1.995 mdpl. Pulau Samosir ini merupakan sebuah pulau vulkanik di tengah Danau Toba di provinsi Sumatra Utara. Sebuah pulau dengan ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut menjadikan pulau ini menjadi sebuah pulau yang menarik perhatian para turis, Pulau samosir menyajikan pemandangan Danu Toba yang indah serta alam pegunungan yang masih asri, terdapat juga banyak wisata sejarah dan wisata budaya yang unik dan menarik untuk di kunjungi.


Tuk-Tuk

Hampir semua wilayah di kabupaten Toba Samosir ini memiliki daya tarik wisata. Tuk Tuk merupakan tempat yang paling banyak dikunjungi wisatawan di Pulau samosir. Tuktuk adalah pusat konsentrasi turis di Pulau Samosir. Di Tuk Tuk yang terletak berhadapan langsung dengan Parapat di seberang danau berderet hotel dan restoran didirikan di tepi danau di sepanjang jalan yang mengelilingi semenanjung. Di Tuk Tuk anda dapat menikmati keindahan alam baharinya yang masih asri, menikmati kesejukan pegunungan yang masih hijau, dan menikmati kesegaran udara dingin serta birunya Danau Toba.


Akses menuju Tuk-Tuk

Tuk Tuk berada di kabupaten Toba Samosir, terletak di Pulau Samosir, dan berada di seberang kota Parapat

Dari kota Medan dapat menyewa mobil atau menggunakan kendaraan umum menuju Parapat yang memakan waktu 4 jam. Dari Parapat, Tuktuk dapat di capai dengan feri penyeberangan dalam waktu 1 jam. Selain perhubungan air, Pulau Samosir juga dapat dicapai lewat jalan darat melalui Pangururan yang menjadi tempat di mana Pulau Samosir dan Pulau Sumatera berhubungan.


Fasilitas

Hotel, Rumah-rumah Penginapan, Restoran dan Rumah makan, Toko Souvenir yang menjual kain tenun ulos serta ukiran-ukiran dan lainnya, tempat penyewaan sepeda maupun sepeda motor untuk berkeliling Pulau samosir dengan harga terjangkau, kendaraan umum, ada juga ojek yang dapat disewa untuk berkeliling Pulau Samosir.


Kegiatan yang dapat dilakukan

Dari Tuk Tuk anda dapat menyewa sepeda maupun sepeda motor, bisa juga menggunakan ojek atau dapat manaiki kendaraan umum untuk berkeliling mengunjungi tempat-tempat wisata yang berada di Pulau Samosir.


Cara Mencapai Daerah ini

Transportasi Darat dalam Kabupaten

Di tuk-tuk terdapat sarana transportasi yang dapat digunakan oleh para wisatawan untuk mempermudah melakukan kegiatan wisata, salah satunya adalah angkutan umum dalam kabupaten maupun antar kabupaten.Tarif angkutan umum di daerah ini cukup murah, seperti contoh tarif angkutan dari Tomok ke Pangururan sebesar Rp.12.000,-, Tomok ke Hutabolon sebesar Rp.6.000,-.

Tarif angkutan umum di daerah ini stabil meskipun pada musim-musim liburan besar.

Gambar: salah satu angkutan umum yang ada di Samosir


No

Nama Usaha

Tipe Kendaraan

Kapasitas Penumpang

Trayek

Jadwal Keberangkatan

1

Samosir Tour Transport (STT)

Kijang

14

Pangururan-Tomok PP

Tiap jam dari pukul 07.00 s/d 17.00

2

Pulo Samosir Nauli (PSN)

Kijang

8

Pangururan-Tomok PP

Tiap jam dari pukul 07.00 s/d 17.00

3

Pulo Samosir Nauli (PSN)

Mini Bus

18

Pangururan-Tomok PP

Tiap jam dari pukul 07.00 s/d 17.00

4

Harian Transport Nainggolan (HTN)

Mini Bus

18

Pangururan-Nainggolan PP

Tiap 2 jam dari pukul 07.00 s/d 17.00


Transportasi Darat Antar kabupaten

Angkutan umum di daerah ini bukan hanya beroperasi di dalam kabupaten saja melainkan antar kabupaten. Angkutan yang digunakan juga angkutan yang sama hanya rute perjalanannya saja yang berbeda. Seperti contoh di bawah ini:

No

Nama Usaha

Tipe Kendaraan

Kapasitas Penumpang

Trayek

Jadwal Keberangkatan

1

Samosir Pribumi

SAMPRI)

Minibus

18

Pangururan-Medan PP

Tiap jam dari pukul 07.00 s/d 17.00

2

Samosir Pribumi

(SAMPRI)

Minibus

18

Pangururan-Sidikalang PP

Tiap jam dari pukul 07.00 s/d 14.00

3

Pulo Samosir Nauli (PSN)

Kijang

8

Pangururan-Medan PP

Tiap jam dari pukul 07.00 s/d 17.00

4

Pulo Samosir Nauli (PSN)

Kijang

8

Pangururan-Balige PP

Tiap hari berangkat pukul 08.00


Transportasi Pendukung



Sepeda

Untuk berkeliling di sekitar pulau Samosir, dapat juga menggunakan sepeda dengan harga sewa sepeda Rp. 7.000 per-jam, namun untuk peminjaman selama satu hari hanya Rp. 25.000. Sebaiknya hati-hati juga memilih sepeda yang disewa , penyewaaan sepeda di luar hotel, bisa menawarkan 10-15 pilihan sepeda.







Sepeda motor

Sarana transportasi pendukung lainnya juga tersedia di daerah ini yaitu rental sepeda motor. Bagi wisatawan yang ingin mengelilingi pulau Samosir ini dapat menyewa sepeda motor dengan tarif sewa Rp.80.000,-/ hari. Anda sudah puas mengelilingi objek-objek wsata Pulau Samosir dan menikmati keindahan alam pulau ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger

Pengikut

Google Translate

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Welcome ..... Selamat Datang

Olahraga

Berita Dunia